Kamis, 23 April 2009

LANDASAN & KERANGKA BERPIKIR ILMIAH

Ketika saya menulis, maka hakikatnya untuk Anda baca, dan ketika Anda baca, maka hakikatnya Anda mendorong saya untuk menulis. demikianlah hidup!!!! ia selalu membentangkan dualisme yang tidak akan terbelah dan terpisah.
Pada kesempatan ini saya mencoba membagi pengetahuan saya tentang tema di bawah ini, semoga apa yang saya tuliskan tidak jauh dari sempurna walaupun secara pribadi tidak seideal dengan pengetahuan yang coba saya paparkan.
Dengan segala kekurangan penulis yang mencoba memaparkan kekurangan pula tentunya,,,
“tapi akankah anda menolak kebenaran walau itu keluarnya dari lubang hitam???”
Mungkin ada perbedaan saya dengan anda, tapi jangan perbedaan dijadikan alasan untuk menolak suatu pengetahuan karena didunia ini mana ada yang sama, walaupun itu secara logika formal mengatakan bahwa sesuatu hanya akan sama dengan dirinya sendiri pada waktu yang bersamaan, tapi bagi saya mana ada waktu yang berhenti??? Jadi bagi saya logika ini tidak berlaku bagi saya karna tidak menjawab hukum alam materi. Tapi mungkin Anda punya penjelasan tersendiri saya menantikan pendapat Anda.....
LANDASAN & KERANGKA BERPIKIR ILMIAH
Saya ingin menguraikan pengetahuan ini secara kata per kata....
Kata landasan, kerangka, berpikir, dan ilmiah
Dalam kamus bahasa indonesia
Landasan berarti alas, bantalan,
Tapi yang jelas sebagai landasan seharusnya sesuatu yang kuat yang membentuk pola.
Kerangka dapat diartikan sebagai sesuatu yang saling menopang dan tidak ada yang saling kontradiktif.
Sedangkan berpikir menurut saya proses kerja akal atau proses gerak akal.
Gerak yang dimaksudkan disini perpindahan dari titik yang satu ke titik yang lain.
Jika landasan itu sudah kuat maka tentunya apapun yang diletakkan diatasnya tidak akan roboh landasannya selama tidak melebihi kekuatan landasan. Oleh karenanya seseorang yang ingin kuat landasan berpikirnya seharusnya memiliki landasan berpikir pula...
Jadi gerak akal yang dimaksudkan adalah perpindahan pengetahuan ke pengetahuan yang lain.
Tapi yang saya paparkan masih sangat mendasar karna tentunya ada pertanyaan yang akan membentuk tema sebagai landasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar